Search Box

Sabtu, 24 November 2012

Mencontoh Cara Berdagang Nabi Muhammad SAW



Sebelum Nabi Muhammad SAW. menerima gelar kenabian, beliau diberi amanah oleh pamannya, Abu Tholib, untuk berniaga. Saat itu, ketika Nabi Muhammad SAW. beranjak dewasa. Beliau belum mempunyai pekerjaan tetap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga, beliau ikut Abu Tholib pergi ke negeri Syam untuk berniaga. Kerena terjadi hal yang mencemaskan terhadap pamannya tersebut, akhirnya beliau pun pergi berniaga tanpa pamannya. Nabi Muhammad SAW. menjualkan barang dagangan dari Khadijah, pedagang besar di kota Mekah.


“Hai anak saudaraku, sebagai mana kamu ketahui bahwa pamanmu ini sudah tidak mempunyai kekayaan lagi, padahal keadaan sudah sangat mendesak, maka apakah tidak baik kalau kamu mulai berniaga dari sedikit ke sedikit yang hasilnya dapat kamu pergunakan untuk kepentinganmu sehari-hari?” Tanya Abu Tholib kepada Nabi Muhammad SAW.

Nabi SAW. menjawab, “Saya menurut saja apa yang menjadi keinginan paman.”

Kemudian Abu Tholib mengajukan permohonan kepada Khadijah untuk Nabi SAW., Khadijah pun menerima dengan gembira. Akhirnya Nabi SAW. pergi ke rumah Khadijah mengambil barang dagangan yang akan di bawa pergi ke negeri Syam. Perjalanan ke negeri Syam pun dimulai. Saat itu beliau sama sekali tidak tahu jika sedang diintai oleh Maisarah. Maisarah diperintah oleh Khadijah untuk mengamati tingkah laku dan perbuatan-perbuatan beliau selama perjalanan pulang pergi ke negeri Syam. Khususnya tentang bagaimana cara-cara beliau menjual barang dagangan itu. Dalam perjalanan, beliau selalu diikuti dan diawasi benar-benar oleh Maisarah.

Di sepanjang jalan mulai dari Mekah sampai Syam, sikap dan gerak-gerik pribadi Nabi SAW. sangat berbeda dengan orang lain. Seperti saat berhenti di tempat peristirahatan. Di tempat pemberhentian itu beliau tidak suka ikut mengerjakan apa yang dikerjakan oleh teman seperjalanan lain. Beliau tidak suka berkumpul dan beramai-ramai di tempat pemberhentian itu, sebagaimana adat kebiasaan yang telah berlaku di kalangan orang yang mengikuti kafilahnya. Sedikitpun beliau tidak mau mengikuti kelakuan kawan-kawannya, beliau hanya menyendiri di tempat yang terpencil. Tibalah waktunya untuk menjual barang perniagaannya di kota itu. Beliau menjual barang perniagaan Khadijah bersama-sama Maisarah. Terlihat jelas gaya berdagang beliau dengan orang lain. Caranya menjual barang dagangan itu tidaklah seperti kebanyakan orang. Sebab beliau tidak suka mengikuti cara-cara yang telah biasa di lakukan oleh orang banyak. Cara beliau berdagang adalah berapa harga harga pokok barang dagangan dari Khadijah beliau sebutkan dengan sebenarnya kepada pembeli. Soal keuntungan bagi beliau, itu terserah pada pembeli. Oleh sebab itu, para saudagar di negeri Syam senang sekali membeli barang dagangan beliau. Karena mereka merasa tidak akan tertipu dalam perkara harga yang dibelinya.

Untuk keuntungan beliau, para pembeli telah mengira-ngira sendiri  dan memberi dengan cukup, sekedar untuk menutup biaya perjalanan pulang pergi antara Mekah dan Syam. Maisarah melihat tindakan beliau dalam menjual barang dagangan semacam itu. Dia sampai tercengang dan heran, tetapi tidak berani berkata sepatah kata pun. Sayangnya, cara beliau menjual barang dagangan semacam itu tidak di sukai oleh kawan-kawan beliau dari Mekah yang sama-sama menjual barang perniagaan Khadijah. Mereka merasa tidak mendapatkan keuntungan yang luar biasa seperti beliau. Meskipun demikian, beliau tetap menjalankan cara seperti itu dan hasilnya barang dagangan beliau telah habis terjual dalam waktu sebentar, dengan keuntungan yang tidak sedikit. Maisarah sangat gembira kerena melihat keuntungan yang diperoleh Nabi Muhammad SAW., hal tersebut nantinya akan disampaikan kepada majikannya, yaitu Khadijah, setelah nanti ia pulang dari negeri Syam.

Dengan info diatas semoga anda bisa lebih mengerti bagaimana kehebatan Nabi Muhammad SAW. dalam berdagang yang sangat luar biasa. jika tidak keberatan, Bagaimana tanggapan anda ?. <@>

Article :

13 komentar:

  1. Subhanalloh, memang beliau sangat luar biasa kejujurannya. Bahkan orang kafir pun menitipkan hartanya kepada rasululloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri juga salut degan beliau.........

      Hapus
  2. subhanallah nabi muhammad saw memang cerdas nerdagang,terima kasih artikel yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya peribadi juga kagum dengan apa yang rasulullah lakukan tersebut yang jarang dilakukan pada zaman sekarang...!!!

      Hapus
  3. yg penting kita tiru kejujuran and say no to corrupt gan.

    BalasHapus
  4. Assalamuaialkum, apa ada yang tahu? Apa yang diniagakan Nabi Muhammad?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, Rasulullah berdagang rempah2 dan perabot2 tertentu....

      Hapus
  5. RasulAllah memang suri teladan yg terbaik sepanjang masa, semoga kita semua bisa mencontohi sikap Beliau agar Indonesia ini bisa bangkit dari keterpurukan.

    BalasHapus
  6. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  7. Berdasarkan pengalaman saya yang namanya konten harus lebih mengutamakan kreatifitas dan juga kualitas, sama seperti DagangPoker Sanggat memperhatikan kualitas kenyamanan member. Jadi tunggu apa lagi ?

    BalasHapus
  8. CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

    Yuk Buruan ikutan bermain di website CrownQQ
    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    10 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66
    => Perang Baccarat
    => Perang dadu (NEW GAME)

    Promo Yang berlaku
    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 10 Permainan Menarik
    => Menyediakan deposit Via Pulsa

    Link Resmi CrownQQ:
    - hokicrown.com
    - hokicrown.net
    - hokicrown.org

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : CrownQQ
    WHATSAPP : +6287771354805
    Line : CS_CROWNQQ
    Facebook : CrownQQ Official
    Kemenangan CrownQQ : Agen BandarQ

    BalasHapus

Bagilah komentar singkat anda untuk kemajuan blog ini