Search Box

Minggu, 19 Mei 2013

5 Sebab Induk Hamster Memakan Anaknya



Salam buat pembaca sekalian, setelah sekian bulan saya tidak memposting artikel karena suatu kesibukan, kali ini saya menyempatkan sedikit waktu untuk memposting artikel baru tentang hamster. Mungkin kalian tidak pernah menyangka sebelumnya, bahwa hewan kecil yang menggemaskan ini tega memakan anaknya yang baru lahir, dan dibalik itu semua ternyata ada sebabnya mengapa hewan kecil yang lucu ini sampe tega memakan anaknya sendiri. Daripada penasaran langsung aja simak 5 Sebab Induk Hamster Memakan Anaknya berikut ini,


·         Induk hamster yang baru saja melahirkan, bisa stres bila mendengar suara gaduh di sekelilingnya. Stres bisa mendorongnya untuk memakan anak-anaknya sendiri.

·         Induk hamster yang baru saja melahirkan, membutuhkan makanan cukup untuk kebutuhan nutrisinya (kelaparan).

·         Hamster akan memakan anaknya yang terlahir cacat, karena induk hamster tersebut merasa anaknya tidak akan mampu bertahan hidup.

·         Jika induk hamster melahirkan banyak anak, maka dia akan memakan anaknya sebagai nutrisi untuk anak-anaknya yang lain.

·         Ancaman hewan lain atau pemangsa dapat membuat induk hamster memilih untuk memakan anaknya sendiri daripada membiarkan anaknya dimangsa hewan lain.

Tips Untuk Pencegahannya :

·         Sediakan cukup pakan untuk induk hamster, agar tidak kelaparan setelah melahirkan.

·         Tutup kandang hamster yang melahirkan dengan kain gelap, lalu tempatkan di ruangan yang jauh dari keramaian.

·         Bila ingin memindahkan bayi hamster, gunakan sendok atau sarung tangan, karena induk hamster yang baru melahirkan tidak suka mencium bau-bau yang asing.

Dari ulasan artikel diatas bisa disimpulkan bahwa hamster memakan anaknya sendiri bukan tanpa sebab yang jelas. Tetapi hal tersebut mungkin tak akan terjadi jika tips singkat di atas bisa diterapkan dan semaksimal mungkin untuk selalu berinteraksi dengan hamster piaraan dengan tujuan agar hamster tersebut lebih mengenal dan terbiasa dengan pemiliknya. Bagi yang kurang jelas atau sekedar ingin bertanya, silahkan! <@>

Article :

16 komentar:

  1. Gan, apa semua jenis hamster yang ada seperti itu...????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tdk semua, sob!! Ada be2rapa jenis hamster seperti roborovsky, syrian (mnurut saya) yg tdk memiliki sifat kanibal sperti yg disebutkan pda artikel diatas...

      Hapus
  2. Apakah hamster akan memakan anak nya semua?

    BalasHapus
  3. Iihh, ngeri juga ya kalo induk makan anak sndiri..

    BalasHapus
  4. Jadi klw mau mengganti serbuk hamster kyk mn?

    BalasHapus
  5. Jd klw mau mengganti serbuk hamster kyk mn lih?

    BalasHapus
  6. kalau mau ganti serbuk kayu sepengalaman saya itu bisa aja...
    dengan cara memindahkan anaknya ketempat lain,menggunakan sendok..
    lalu dibersihkan deh kandangnya...

    BalasHapus
  7. kalau mau ganti serbuk kayu sepengalaman saya itu bisa aja...
    dengan cara memindahkan anaknya ketempat lain,menggunakan sendok..
    lalu dibersihkan deh kandangnya...

    BalasHapus
  8. oo jadi gitu yach gan ane baru tahu gan... klo ibu hamster tega makan anaknya klo lagi stress ... thanxs yach gan infonya...

    BalasHapus
  9. Saya punya hamster trus betinanya melawan jantan terus dan kerjanya Tidur terus ,apakah dia hamil?

    BalasHapus
  10. Hamster ane baru lahir 2hari yang lalu..makin lama anak nya di makanin terus. Lahir 10ekor sekarang sisa 3ekor. Padahal makanan udah ane kasih banyak..tempat juga tertutup. Mindahin bayi nya pun ane ngak pake tangan. Tapi si induk ttp makan anak nya? Gimana yah, ane jadi pesimis bakalan tumbuh itu si bayi

    BalasHapus
  11. Pemula miara hamster pas lahir gak sengaja aku pindahin pake tangan 4anaknya dimakan sisa satu? Harus gmna skrng aku pisahin yg satu?mohon bantuaanya masih pemula?

    BalasHapus
  12. Pemula miara hamster pas lahir gak sengaja aku pindahin pake tangan 4anaknya dimakan sisa satu? Harus gmna skrng aku pisahin yg satu?mohon bantuaanya masih pemula?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnurut aku jangan di pegang ,ganti kandang [(dipindah)(intinya kurangin kontak langsung ma hamster , pke alatpun kadang buat bau anaknya beda . ane saran pke sendok plastik baru jangan sendok besi'sendok hadiah' errr kaya dri ajinomoto , pke sendok logam boleh asal yakin stainless soalnya ga berbau.)] sampe mata anak hamster terbuka klo belum terbuka berarti masih bergantung banget sama induknya .selain tu klo sering diliatin juga bisa nyebabin ibunya stres (kt dikira pemangsa) .kadang juga karena hamster 1 kli punya anak (mnurut ane ini wajar pernah anjing ma kucing ane pertama kali melahirkan ada yang gak mau nyusu anaknya). bersihin kandangnya pas lewat 2 mingguan lah klo anaknya pas disatuin lgi ga mau dirawat biar biar bisa hidup (anak lewat 2 minggu dh bisa makan ) . Ane juga saran klo ayahnya ga agresif, ibu,ayah,anak jangan dipisah (banyak yg suruh pisah tpi mnurut ane jangan soalnya dia bakal bantu rawat anaknya , klo ada yg mati dia yang makan 'tpi ane saran kalo itu enang anaknya bru brani disatuin' 'ane gak tau klo ayah ma induknya lain digabungin ga pernah soalnya' )

      Hapus
  13. Kak, kalau mau bersihin kandang gimana? Katanya gak boleh kotor, tapi bayinya baru lahir. Kemarin juga ada 3, tapi besok siangnya jadi 2 bayi:'(

    BalasHapus

Bagilah komentar singkat anda untuk kemajuan blog ini