Search Box

Selasa, 18 Desember 2012

7 Rahasia Kacang Kedelai



Saya tertarik untuk mengulas 7 Rahasia Kacang Kedelai ini karena ingin mengenalkan lebih jauh mangenai manfaat kacang-kacangan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia ini kepada pembaca sekalian.

Kacang kedelai merupakan bahan makanan yang sangat popular di masyarakat. Selain sebagai bahan pokok pembuatan tahu dan tempe, kini kacang kedelai tengah pupuler sebagai bahan baku pembuatan susu kedelai. Kacang kedelai mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi, terbukti bahwa kacang kedelai diperhitungkan sebagai “Makanan ber-Protein Lengkap” karena mengandung 8 Asam Amino yang penting dan diperlukan oleh tubuh. Selain itu kedelai juga kaya akan Kalsium dan Fosfor untuk memperkuat tulang dan mencegah Osteoporosis. Selain itu juga kaya akan Zat Besi dan Vitamin B Kompleks.


Apa Rahasianya ?

Penelitian membuktikan bahwa :

1.      Kedelai menurunkan kadar Kolesterol/LDL
Penelitian membuktikan dari konsumsi sekitar 25-45 mg/hari Isoflavon akan membantu penurunan lemak darah sehingga mencegah dari penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Penelitian yang dilakukan di University of Milan, konsumsi kedelai dan olahannya dapat menurunkan 21% Total Kolesterol.

2.      Kedelai dan kesehatan kulit
Isoflavon kedelai juga memiliki sifat sebagai Fitoestrogen yang fungsinya sama dengan Estrogen dalam menjaga kekenyalan kulit.

3.      Kedelai menurunkan resiko Osteoporosis
Orang yang mengkonsumsi Protein kedelai kehilangan Kalsium melalui Urin 50% lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi Protein Hewani (University of Texas).

4.      Kedelai menurunkan resiko Penyakit Jantung
Studi 3 lembaga di Asia menyatakan konsumsi Soya Bean (kedelai) menurunkan kejadian sakit jantung antara 32-86% dengan konsumsi 11-16 gram\hari, sekitar ½ dari konsumsi Protein kedelai yang dianjurkan FDA (25 mg). (studi di china pada 134-272 lelaki dan perempuan di usia 40-65 tahun).
Peningkatan IMT (Carotid Intima Media Thickness) dapat meyebabkan penyakit Kardio Vaskuler. Konsumsi kedelai dapat menurunkan tingkat IMT sekitar 16%

5.      Kedelai menjaga kesehatan Pencernaan
Kedelai mengandung serat tak larut yang sangat membantu memelihara saluran pencernaan. Kedelai merupakan sumber makanan bagi Flora / Biota normal usus (Prebiotik).

6.      Kedelai dan Kecerdasan / Memori
Lesitin dapat memasok Choline pada tubuh dan meningkatkan pembentukan Acenthylcholine, zat yang diperlukan pada Neurotransmitter di otak. Karena itu, lesitin juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan belajar anak.

7.      Kedelai bagi Vegetarian
Kedelai juga menjadi sumber Protein utama bagi Vegetarian di seluruh dunia. Bagi Vegetarian kedelai sangat tepat untuk dikonsumsi, selain sumber Protein bagi tubuh juga untuk mencukupi akan kebutuhan Vitamin B12 yang sangat penting dalam mencegah Anemia

Jadi, kacang kedelai itu (tahu, tempe, susu kedelai) memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh meskipun harganya murah. Bagaimana reaksi anda setelah membaca 7 Rahasia Kacang Kedelai diatas ? 

Article :

2 komentar:

Bagilah komentar singkat anda untuk kemajuan blog ini