Search Box

Sabtu, 28 April 2012

Bersedekah Dengan Nama Baik

                                                                
Bisakah anda seperti Abu Dhamdham?

Anas  R.A. Rosulullah SAW bersabda kepada para sahabat beliau, “Apakah kalian mampu berbuat seperti yang dilakukan  oleh Abu Dhamdham?”, Para sahabat bertanya, “Siapakah Abu Dhamdham itu ya Rosulullah?”, Beliau menjawab, ”Ia adalah seorang yang jika bangun pagi mengucapkan doa, “Ya Allah saya berikan jiwa dan nama baik saya, janganlah di cela orang yang mencela saya, dan jangan di dholimi orang yang mendholimi saya, serta jangan dipukul orang yang memukul saya.”


Jika kita renungkan hadist di atas, maka tanyakan kepada diri anda, apakah kita mampu berbuat seperti Abu Dhamdham.

Dalam buku Madarijus sholihin bagian kedua, Ibnu Qoyyim berkata, “Bentuk kedermawanan ada 10 macam, dan salah satunya adalah kedermawanan dengan nama baik seperti kedermawanan Abu Dhamdham dari kalangan sahabat.”

Jika bangun pagi ia berdoa, “Ya Allah saya tidak memiliki harta yang bisa saya sedekahkan kepada manusia, karena itu saya bersedekah dengan nama baik saya, yakni siapa yang mencela atau menuduh saya berbuat cela, maka ia saya maafkan dan saya bebaskan dari tuntutan saya.”

Dari kisah diatas bisa diambil pelajaran bagi orang yang berakal untuk bersungguh-sungguh agar menjadi orang yang dermawan dengan nama baik dirinya. Dalam kedermawanan ini pula terdapat kelapangan dada, ketenangan jiwa dan keinginan diri untuk tidak menyakiti orang lain.

Article :

2 komentar:

  1. subhanallah...
    naf, keren bnget,,, buka wawasan aqu tentang islam..
    makasih ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, sob..
      agar lebih afdol, baca yang lainnya juga.......

      Hapus

Bagilah komentar singkat anda untuk kemajuan blog ini