Search Box

Sabtu, 29 Desember 2012

Tips Jitu Menghemat Pemakaian Bahan Bakar



Hai, para Blogger mania, bahan bakar minyak sekarang sudah mulai langka dan terancam habis, oleh karena itu kita harus menghematnya agar tidak terancam habis dan meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan serta menghindari pemakaian bahan bakar yang berlebihan. Berikut, beberapa tips jitu menhemat pemakaian bahan bakar yang saya kutip dari majalah ban mobil terkenal dengan beberapa perubahan :


1.     Selalu mengikuti kondisi terakhir tentang pemeliharaan kendaraan.
Ganti filter udara yang tersumbat, lakukan penyetelan mesin, ganti oli secara berkala, dan lakukan perawatan ban dengan cermat untuk meningkatkan jarak tempuh bahan bakar.

2.     Isilah bahan bakar dengan bijaksana.
Jenis bahan bakar yang paling tepat untuk kendaraan anda terdapat di buku panduan pemilik. Umumnya, kebanyakan mobil dapat bekerja dengan baik pada tingkat oktan reguler, menurut Federal Trade Commission. Berhati-hatilah dengan perangkat yang mengklaim dapat memeperpanjang jarak tempuh bahan bakar anda,  biasanya lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya.

3.     Jangan terburu-buru.
Berdasarkan laporan, tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar akan mulai menurun pada kecepatan melebihi 100 km/jam, belum lagi resiko kecelakaan yang tinggi.

4.     Kurangi muatan.
Penimbunan banyak barang di bagasi atau tempat duduk belakang adalah kebiasaan yang akan membuat boros konsumsi bahan bakar. Menurut laporan, mengurangi muatan hingga 45 kg akan meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 2%.

Nah, para Blogger mania semoga Tips Jitu Menghemat Pemakaian Bahan Bakar ini bermanfaat, dan jangan lupa tanggapan anda. <@>

Article :

2 komentar:

  1. Tambahan ya 1. jangan menempatkan kendaran anda di tempat yang panas karena uap bensin akan menguap terkena panas....... 2. jangan mengisi tanki bensin pada siang hari karena pada suhu yang panas, bensin yang keluar dari selang POM akan langsung menguap sebelum masuk ke tangki kendaraan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dicermati, memang benar...! tapi kadang2 tak pernah terpikir..!
      trims..? udah memberi tambahan menarik ini,

      Hapus

Bagilah komentar singkat anda untuk kemajuan blog ini